MMC Samarinda

MMC Samarinda

the Best

the Best
MC PON XVII angkatan I

Jumat, 06 Juni 2008

Tulisan kekawalan MC I

                                        Selayang Pandang Kaltim

           Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan Provinsi berjuta pesona, terletak di gugusan pulau-pulau nusantara secara geografis berada pada 40 25` LU - 20 25` LS dan 1130 44` - 1180 59’ BT. Luas wilayah 20.865.774 ha terluas dan terpanjang di Indonesia.
          Lautan Kaltim berada pada jalur internasional yaitu Selat Makassar dan Laut Sulawesi,sehingga menjadi jalur strategis. Perbatasan wilayah Kaltim yaitu sebelah utara dengan Sabah/Malaysia timur,sebelah timur dengan Selat Makassar atau Laut Sulawesi,sebelah selatan dengan Kalimantan Selatan,sebelah barat dengan Kalimantan Tengah,Kalimantan Barat,dan Serawak Malaysia Timur.
         Berdasarkan Undang-undang No.25 tahun 1956 keresidenan Kalimantan beribukota Banjarmasin,yang kemudian menjadi tonggak sejarah berdirinya Provinsi Kalimantan Timur. Wilayahnya terdiri atas 13 kabupaten/kota yaitu, Samarinda,Balikpapan,Kutai Kartanegara, Berau, Pasir, Bulungan, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, dan Penajam Paser Utara.
          Terdiri dari beragam suku,bahasa,tradisi,dan agama. Memiliki peninggalan sejarah serta keindahan alam yang menjadi tujuan wisata. Ruhui Rahayu Kaltim memiliki kekayaan perut bumi yang melimpah diataranya,minyak dan gas bumi,emas,batu bara dll.
          Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan migas 5 tahun terakhir ini sebesar Rp. 150 triliyun untuk pemerintah pusat. Namun hanya 10-11 % yang kembali dalam bentuk dana perimbangan.
         Visi pembangunan yang keadilan menuju masyarakat kaltim yang sejahtera,yang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), infrastuktur,pertanian dalam arti luas, lingkungan hidup,pelayanan kemiskinan dan kesehatan dan pembangunan perbatasan.
        Kaltim tanah airnya harapan menggapai cita-cita anak bangsa dengan semangat bangga membangun Kaltim.(Hayru /Eko/Sayuti )

1 komentar:

@ndre@z @gust0 mengatakan...

woiiiiiii....
om acayyyy..

lawas etam hek bekesahan nih,,,,

kangen jua aq,,,
btw bujur garang kita yang umpat nulis, jangan2 mas hairu maha yang nulis,,,,

Media center Sub PB Balikpapan

Media center Sub PB Balikpapan
Bayu & Ayu

Outbond

Kumis Jamal

Pemenang MC awards

Pemenang MC awards
Untuk kategori MC yang paling digila - gilai wanita dan pria di BLKI. karena beliau sering dipanggil orang gila.. 3x