MMC Samarinda

MMC Samarinda

the Best

the Best
MC PON XVII angkatan I

Rabu, 02 Juli 2008

PON XVII (Isur from Bontang)

Terasi dan Rumput Laut Jadi Idola

Ganal Ding Ai…

BONTANG – Mengunjungi suatu daerah baru, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Demikian juga dengan tamu-tamu PON yang terdiri dari atlet, official, technical delegate dan supporter dari 32 provinsi di Indonesia. Di Bontang, ternyata penganan khas seperti terasi, dodol rumput laut dan manisan rumput lauy yang jadi primadona bagi kontingen dari luar Kaltim.

Syarifah Syahrah (45), yang sehari-harinya berjualan penganan khas di Bontang Kuala mengaku, beberapa hari terakhir, jualannya ramai dikunjungi atlet dari luar Bontang.

“Kemarin aja, atlet Papua dan yang lainnya ke sini cari terasi sama dodol rumput laut,” kata wanita yang telah menjalani usahanya selama 25 tahun itu.

Fatima (43), penjual cindera mata khas Bontang yang juga perajin terasi mengaku kalau hasil penjualan terasi, meningkat sejak pagelaran PON mulai dilaksanakan di Bontang.

“Keuntungannya ganal ding ai (besar. Red), bisa mencapai 300 ribu dengan baring atau ukuran 5 kg,” ujar Fatimah dengan logat khas Bontang.

Menurut Fatima yang sudah menggeluti usaha pembuatan terasi puluhan tahun secara turun temurun, menuturkan, proses

Menurut Fatimah, proses pembuatan Terasi mudah dan praktis, menggunakan bahan pokok baring (Udang Papay. Red) yang ditangkap dari laut, kemudian diolah dengan proses memakan waktu 5 hari, hingga menjadi terasi yang bisa dijumpai di sudut Kota Bontang.


“Keuntungannya ganal ding ai (besar. Red), bisa mencapai 300 ribu dengan Baring 5 kg,” ujar Fatimah dengan logat khas Bontangnya

ditempat terpisah, Syarifah Syahrah, penjual panganan khas Bontang mengaku, terasi adalah panganan favorit, terkadang mereka kehabisan stok. “kemarin aja, atlet Papua dan yang lainnya sudah ada yang datang cari terasi sama dodol rumput laut,” imbuh wanita yang telah menjalani usahanya 25 tahun.


Para pedagang yang berada di Bontang Kuala sebagian besar dibawah binaan Pemkot Bontang dan PT. Pupuk Kaltim. Berharap usaha tersebut dapat maju dan memperbaiki kemasannya.


“Dengan adanya PON ini, kami menambah produksi. Mudah- mudahan semuanya bisa laku terjual,” harap ibu yang sudah menunaikan ibadah haji dengan laba usahanya. (soer/btg)


Tidak ada komentar:

Media center Sub PB Balikpapan

Media center Sub PB Balikpapan
Bayu & Ayu

Outbond

Kumis Jamal

Pemenang MC awards

Pemenang MC awards
Untuk kategori MC yang paling digila - gilai wanita dan pria di BLKI. karena beliau sering dipanggil orang gila.. 3x